Syarat & Ketentuan

Terakhir diupdate 20 Februari 2023

Sebelum Anda mengakses platform Nextrans lebih jauh, diharapkan Anda terlebih dahulu membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang mengatur akses Anda terhadap konten, isi, layanan dan Fitur lainnya yang ada di dalam Platform Nextrans, PT Kreigan Digital Wesel (“Nextrans”).

Dengan melakukan akses pada Platform, berarti Anda menyatakan telah membaca, memahami dan menyetujui serta mengikatkan diri dan mematuhi Syarat dan Ketentuan ini. Namun apabila Anda tidak menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, maka Anda tidak diperkenankan untuk mengakses Platform atau menggunakan Fitur Nextrans. Syarat dan Ketentuan ini dapat dianggap sebagai perjanjian induk yang menjadi acuan untuk mengatur syarat dan ketentuan lainnya termasuk namun tidak terbatas pada kebijakan privasi atau ketentuan lainnya yang dapat dibuat oleh Nextrans dari waktu ke waktu, dan dengan mengikatkan diri pada Syarat dan Ketentuan ini, maka Anda menyatakan tunduk pada turunan dari Syarat dan Ketentuan ini. Ketidakberlakuan syarat dan ketentuan lainnya tidak akan menyebabkan Syarat dan Ketentuan ini menjadi tidak sah, tidak berlaku, dan/atau tidak dapat dilaksanakan.

Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, Anda dianggap cakap menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia untuk melakukan tindakan sebagaimana diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini. Jika Anda bertindak sebagai karyawan, agen, atau penerima kuasa dan bertindak untuk dan atas nama individu lain, organisasi, badan usaha, badan hukum, maupun instansi lainnya, Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Anda merupakan pihak yang berwenang untuk mewakili pihak tersebut, yang mana Syarat dan Ketentuan ini akan mengikat pihak yang Anda wakili tersebut. Jika Anda tidak cakap (termasuk namun tidak terbatas pada orang yang belum dewasa, mereka yang berada di bawah pengampuan, atau perwakilan yang tidak sah), maka Anda tidak diperkenankan menggunakan Layanan Nextrans yang tersedia pada “Platform” tanpa pendampingan dan persetujuan wali Anda, dan Anda bertanggung jawab sepenuhnya atas segala hal yang Anda lakukan dalam Platform.

  1. Pengertian dan istilah

    1. Akun adalah setiap akun yang Anda buat pada Platform, untuk mengakses, menggunakan dan/atau menikmati Layanan Nextrans serta untuk mencatat, memonitor dan/atau melihat seluruh Transaksi dan/atau aktivitas yang Anda lakukan melalui atau menggunakan Platform.
    2. Anda atau Pengguna adalah perorangan, badan usaha, dan/atau badan hukum yang mengakses, mendaftar pada Platform serta menggunakan layanan dan jasa yang disediakan pada Platform Nextrans.
    3. Biaya Layanan Nextrans adalah biaya yang dibebankan kepada Pengguna atas penggunaan Layanan dan jasa Nextrans.
    4. Dana adalah uang milik Pengguna yang ditempatkan pada Saldo dan/atau Rekening Bank Pengguna atau uang yang diserahkan oleh Pengguna kepada Nextrans, untuk diserahkan kepada Penerima melalui Perintah Transfer Dana.
    5. Data adalah berarti setiap data, informasi dan/atau keterangan dalam bentuk apapun yang, dari waktu ke waktu, yang Anda sampaikan kepada Nextrans atau yang Anda cantumkan atau sampaikan dalam, pada atau melalui Platform termasuk tetapi tidak terbatas pada (a) nama, email, nomor handphone, kewarganegaraan, jenis identitas dan nomor identitas; dan (b) data yang dihasilkan atau diperoleh dari penggunaan Layanan Nextrans, Platform dan/atau Akun.
    6. Fitur adalah suatu fungsi atau kemampuan khusus yang diciptakan, dikembangkan dan/atau dikelola oleh Nextrans, serta dapat digunakan, dinikmati dan/atau dimanfaatkan oleh Anda melalui Platform Nextrans.
    7. Hari Kerja berarti hari, selain hari Sabtu, Minggu, hari libur resmi nasional, dan hari lainnya yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai hari libur, dimana Bank beroperasi secara komersial.
    8. Hukum Yang Berlaku berarti setiap hukum nasional, provinsi setempat, kota madya atau hukum lainnya, peraturan instansi, putusan, konstitusi, keputusan, aturan, kebijakan pemerintah yang mengikat, dan statuta dalam negara Republik Indonesia.
    9. Layanan Nextrans berarti termasuk Layanan Transfer Dana oleh Nextrans yang dapat diakses melalui Platform, atau layanan lain yang mungkin diubah dan/atau ditambah dari waktu ke waktu.
    10. Layanan Transfer Dana berarti layanan pemindahan Dana dari Pengguna kepada Penerima yang diselenggarakan oleh Nextrans.
    11. Penerima berarti perorangan, badan usaha atau badan hukum yang disebutkan dalam Perintah Transfer Dana untuk menerima Dana.
    12. Perintah Transfer Dana berarti instruksi final yang diberikan oleh Pengguna kepada Nextrans untuk memindahkan sejumlah Dana dalam Saldo dan/atau Rekening Bank Pengguna ke rekening di suatu institusi perbankan atau non-perbankan milik Penerima yang tertera dalam Perintah Transfer Dana.
    13. Perintah berarti Perintah Transfer Dana dan/atau instruksi final lain yang diberikan oleh Pengguna kepada Nextrans untuk melakukan Transaksi sesuai dengan layanan yang diberikan oleh Nextrans dalam Platform, layanan dimana mungkin diubah dan/atau ditambah dari waktu ke waktu.
    14. Platform berarti aplikasi web (aplikasi yang dapat diakses melalui website/ situs) atau aplikasi mobile yang dikelola oleh Nextrans dan dapat diperbarui dari waktu ke waktu.
    15. Rekening Bank Pengguna berarti rekening atas nama Pengguna pada institusi perbankan rekanan Nextrans yang telah didaftarkan Pengguna pada Platform.
    16. Rekening Nextrans berarti rekening atas nama Nextrans pada institusi perbankan rekanan Nextrans dengan nomor rekening sebagaimana tercantum pada tampilan “Konfirmasi Transfer” pada Platform.
    17. Pre Transaction adalah Dana milik Pengguna yang ditempatkan pada Nextrans untuk keperluan bertransaksi menggunakan layanan Nextrans, yang disetor oleh Pengguna pada saat akan melakukan transaksi sejumlah total Transaksi ditambah dengan Biaya layanan dan dapat dikembalikan melalui permohonan penarikan Pre Transaction oleh Pengguna melalui layanan Nextrans jika terjadi kendala yang menyebabkan Transaksi tidak dapat diproses.
    18. Transaksi Transfer Dana berarti proses pelaksanaan Layanan Transfer Dana oleh Nextrans sesuai dengan Perintah Transfer Dana dari Pengguna kepada Nextrans.
    19. Transaksi berarti Transaksi Transfer Dana dan/atau Transaksi lain sesuai dengan layanan yang diberikan oleh Nextrans dalam Platform, layanan mana mungkin diubah dan/atau ditambah dari waktu ke waktu.
  2. Tentang Nextrans

    Nextrans merupakan produk dari Perseroan Terbatas atas nama PT Kreigan Digital Wesel yang menciptakan, mengelola, dan mengembangkan Platform yang berfungsi sebagai penyediaan Layanan Nextrans berupa transfer Dana antar rekening bank, yang mana Nextrans telah memperoleh izin dari Bank Indonesia sebagai Penyelenggara Transfer Dana Nomor 24/324/Sr/B/6-001.

  3. Pembuatan Akun

    1. Dalam rangka untuk mengakses dan menggunakan Platform Nextrans, Anda harus mendaftar dan membuat Akun Anda. Dengan membuat Akun, Anda menyatakan bahwa Anda memiliki usia hukum untuk membentuk perjanjian yang mengikat, bukan orang yang dilarang untuk menerima Layanan berdasarkan hukum Republik Indonesia atau yurisdiksi lain yang berlaku. Pada saat pendaftaran diri sebagai Pengguna dan pembuatan Akun, Anda wajib mengisi informasi Data pribadi secara lengkap, akurat dan jujur di halaman Akun, termasuk namun tidak terbatas pada nama lengkap, nomor telepon seluler, alamat e-mail, dan informasi lainnya yang dibutuhkan. Nextrans tidak bertanggung jawab atas akibat yang terjadi apabila terdapat informasi yang tidak benar, tidak akurat, maupun menyesatkan mengenai Data pribadi yang Anda cantumkan pada Akun yang menyebabkan kerugian pada Anda maupun pihak ketiga.
    2. Nextrans mungkin akan meminta informasi tambahan (“Informasi Tambahan”) terkait Data pribadi sebagai tujuan verifikasi
    3. Apabila Anda merupakan Pengguna Personal, maka Anda akan diminta melengkapi persyaratan dengan foto Kartu Tanda Penduduk, Swafoto dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk atau Paspor, Nomor telepon, alamat domisili, alamat email, pekerjaan serta foto diri Anda.
    4. Apabila Anda merupakan Pengguna Bisnis atau pelanggan B2B, maka Anda akan diminta melengkapi persyaratan dokumen legalitas pendirian badan usaha/badan hukum Anda, Nomor Induk Berusaha, Izin Usaha, Nomor Pokok Wajib Pajak, identitas dari perwakilan serta Data atau informasi lainnya yang Nextrans butuhkan terkait badan usaha/badan hukum anda.
    5. Apabila Anda tidak bersedia untuk memberikan Informasi Tambahan, Nextrans berhak untuk membatasi penggunaan Anda terhadap Platform dan Fitur di dalamnya termasuk untuk menolak pendaftaran Akun apabila Anda tidak melengkapi persyaratan Data pribadi yang diwajibkan.
    6. Anda dengan ini menyatakan bahwa Anda adalah orang yang cakap secara hukum dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.
    7. Dalam hal Akun Anda telah terdaftar pada Platform, Anda tidak dapat melakukan pendaftaran Akun berikutnya dengan menggunakan Data pribadi yang sama dengan Akun Anda yang telah terdaftar, kecuali jika Nextrans memberi izin bagi Anda untuk melakukan hal tersebut.
    8. Apabila terdapat perubahan atas informasi dan Data pada Akun Anda, maka Anda wajib untuk memperbarui Informasi yang akurat. Anda menjamin bahwa seluruh informasi dan Data yang tercatat dalam sistem Nextrans, merupakan informasi dan Data yang paling terkini.
    9. Anda tidak diperbolehkan melakukan tindakan apapun, termasuk dalam atau melalui Platform, yang dapat merusak atau mengganggu reputasi Nextrans.
    10. Anda dilarang untuk melakukan tindakan yang secara langsung maupun tidak langsung dapat mengganggu maupun merusak sistem operasi Platform.
    11. Anda dilarang untuk melakukan pengalihan dan/atau menjual Akun Anda yang telah terdaftar ke pihak lain tanpa persetujuan dari Nextrans.
    12. Anda bertanggung jawab atas keamanan dan kerahasiaan Akun termasuk di dalamnya e-mail dan password Anda serta kode verifikasi yang dihasilkan dan dikirim oleh sistem Nextrans atau sistem pihak ketiga yang Nextrans tunjuk. Maka dari itu, Anda dengan ini menyatakan bahwa Nextrans tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan Akun Anda yang diakibatkan oleh kelalaian atau kesalahan Anda atau afiliasi Anda. Apabila terdapat indikasi penyalahgunaan atas Akun Anda, Nextrans hanya dapat membantu Anda untuk memeriksa, menangguhkan, atau menghentikan penyalahgunaan akses terhadap Akun setelah Anda memberitahukan kepada Nextrans mengenai hal tersebut melalui Fitur Layanan Nextrans pada Platform atau sarana komunikasi lainnya yang Nextrans sediakan dari waktu ke waktu.
    13. Nextrans akan menganggap setiap Perintah atau Transaksi yang dilakukan melalui Akun Anda sebagai permintaan yang sah dari Anda.
  4. Ketentuan Transaksi dan Biaya Layanan

    1. Apabila Anda ingin melakukan Transaksi Transfer Dana dengan menggunakan Layanan Nextrans maka Anda akan dikenakan Biaya Layanan Nextrans. Anda harus terlebih dahulu mengirimkan Perintah Transfer Dana kepada Nextrans, dengan format yang telah Nextrans sediakan pada Platform, termasuk namun tidak terbatas pada informasi terkait jumlah Dana, informasi Penerima, rekening yang digunakan, dan berita.Anda perlu memastikan bahwa seluruh Data telah diisi secara lengkap dan benar. Nextrans tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang mungkin timbul dari kelalaian, ketidaklengkapan, atau ketidaktepatan Data atau Perintah Transfer Dana dari Anda.
    2. Sebelum Transaksi Transfer Dana berdasarkan Perintah Transfer Dana dijalankan, Nextrans akan memberikan permintaan konfirmasi dari Anda untuk memastikan bahwa Anda bermaksud melanjutkan pelaksanaan Transaksi Transfer Dana. Jika Anda telah memberikan konfirmasi, Anda wajib melakukan pengiriman sejumlah Dana, termasuk di dalamnya jika ada Biaya Layanan Nextrans dan kode unik ke rekening yang telah ditentukan Nextrans.
    3. Setiap Perintah Transfer Dana yang telah Anda konfirmasi dan/atau Nextrans autentikasi tidak dapat dibatalkan. Oleh karenanya, Anda dianjurkan untuk memperhatikan dan memeriksa kembali setiap rincian dalam Perintah Transfer Dana. Segala kesalahan atas informasi yang diberikan merupakan tanggung jawab Anda seluruhnya
    4. Untuk keperluan mitigasi terjadinya penyalahgunaan Akun, penipuan, dan tindakan-tindakan yang bertentangan dengan ketentuan Hukum Yang Berlaku, pemindahan Dana yang dilakukan baik dalam satu atau beberapa Perintah Transfer Dana dengan total maksimum sebesar Rp100.000.000,- (seratus juta Rupiah) akan memerlukan pemeriksaan dan pengecekan lebih lanjut oleh Nextrans. Anda memahami dan menyetujui bahwa dokumen dan/atau informasi tertentu mungkin disyaratkan oleh Nextrans untuk kepentingan ini. Nextrans berdasarkan pertimbangannya sendiri berhak untuk mengubah batasan jumlah Dana tersebut, yang mana perubahan tersebut akan diberitahukan kepada Anda melalui Syarat dan Ketentuan ini atau melalui media lainnya.
    5. Dana milik Anda yang telah diterima oleh Nextrans hanya akan Nextrans gunakan untuk melaksanakan Transaksi Transfer Dana berdasarkan Perintah Transfer Dana dari Anda, dimana Dana tersebut tidak akan digunakan untuk membiayai kegiatan di luar kewajiban Nextrans terhadap Anda dan Penerima.
    6. Anda memahami bahwa pelaksanaan Transaksi Transfer Dana berdasarkan Perintah Transfer Dana akan dibantu oleh pihak ketiga antara lain mitra bank atau lembaga jasa keuangan lainnya. Oleh karenanya, Anda dengan ini melepaskan Nextrans dari tanggung jawab atas setiap kesalahan atau keterlambatan pemrosesan transaksi pemindahan Dana kepada rekening bank Penerima yang dituju apabila kesalahan tersebut bukan disebabkan oleh sistem yang Nextrans kelola.
    7. Nextrans menerima dan menjalankan setiap Perintah Transfer Dana yang masuk dari Akun Anda, termasuk konfirmasi dan/atau autentifikasi yang Anda berikan sebagai perintah yang sah dari Anda sebagai Pengguna yang terdaftar. Oleh karena itu, penggunaan Akun dan Layanan Nextrans merupakan tanggung jawab Anda seluruhnya dan Anda dianjurkan untuk tidak memberikan atau membiarkan pihak lain mengakses Akun pribadi Anda.
    8. Nextrans berhak untuk tidak melaksanakan Transaksi Transfer Dana berdasarkan Perintah Transfer Dana apabila Anda tidak mengirimkan Dana kepada Nextrans dalam waktu yang ditentukan, Jumlah Dana yang Anda kirimkan tidak mencukupi, Transaksi Transfer Dana tersebut merupakan suatu perbuatan yang melanggar ketentuan Hukum Yang Berlaku, Berdasarkan hasil pemeriksaan Nextrans, terdapat dugaan bahwa Transaksi Transfer Dana mengandung unsur penipuan atau tindakan pidana lainnya.
    9. Anda memahami bahwa sesuai ketentuan Hukum Yang Berlaku terdapat Transaksi-transaksi tertentu yang wajib Nextrans laporkan kepada lembaga pemerintah terkait.
    10. Setelah Transaksi Transfer Dana berhasil terlaksana, Nextrans akan menerbitkan bukti Transaksi Transfer Dana yang telah berhasil dilaksanakan dan mengirimkannya kepada Anda.
  5. Pernyataan dan Jaminan

    Anda dengan tanpa syarat dan tidak dapat ditarik kembali, menyatakan dan menjamin bahwa:

    1. Seluruh Data baik yang telah Anda sampaikan atau cantumkan maupun yang akan Anda sampaikan atau cantumkan di kemudian hari atau dari waktu ke waktu adalah benar, lengkap, akurat terkini dan tidak menyesatkan serta tidak melanggar hak (termasuk tetapi tidak terbatas pada hak kekayaan intelektual) atau kepentingan pihak manapun. Penyampaian Data oleh Anda kepada Nextrans atau melalui Platform tidak bertentangan dengan Hukum Yang Berlaku serta tidak melanggar akta, perjanjian, kontrak, kesepakatan atau dokumen lain dimana Anda merupakan pihak atau dimana Anda atau aset Anda terikat.
    2. Jika Anda melakukan pendaftaran atau mengunduh Platform atas nama suatu badan hukum, badan usaha, persekutuan perdata atau entitas lainnya, Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Anda memiliki kapasitas, hak dan wewenang yang sah untuk bertindak untuk dan atas nama badan hukum, badan usaha, persekutuan perdata atau entitas lainnya tersebut termasuk tetapi tidak terbatas pada mengikat badan hukum, persekutuan perdata atau entitas lainnya tersebut untuk tunduk pada seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini. Anda juga menjamin bahwa Layanan Nextrans, Platform maupun Akun akan digunakan untuk kepentingan Anda sendiri atau untuk kepentingan badan hukum, badan usaha, persekutuan perdata atau pihak lain yang secara sah Anda wakili.
    3. Anda merupakan pihak yang cakap secara hukum (tidak cacat hukum), tidak dalam kondisi dipaksa atau diancam (tidak cacat kehendak), tidak sedang dalam pengampuan, mempunyai kuasa dan kewenangan untuk sepakat, tunduk pada, mengikatkan diri serta melaksanakan seluruh tugas dan tanggung jawabnya yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini.
    4. Dana yang digunakan tidak diperoleh secara melawan hukum atau berhubungan dengan tindak pidana termasuk namun tidak terbatas pada tindakan pencucian uang, korupsi, dan tindak pidana lainnya berdasarkan Hukum Yang Berlaku, serta Anda memiliki hak atau kewenangan untuk memberikan Perintah Transfer Dana. Anda dengan ini bertanggung jawab sepenuhnya atas kebenaran atas setiap informasi yang Anda berikan kepada Nextrans, serta wajib bertanggung jawab secara perdata maupun pidana, apabila terdapat pernyataan yang tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya.
    5. Anda dengan ini melepaskan Nextrans dari segala bentuk tanggung jawab dan wajib mengganti seluruh kerugian yang Nextrans alami serta akan bertanggung jawab sepenuhnya atas penggunaan Platform untuk tindakan melanggar hukum, termasuk namun tidak terbatas pada tindakan pencucian uang, pendanaan terorisme, korupsi, dan tindak pidana lainnya berdasarkan Hukum Yang Berlaku.
    6. Dengan menggunakan Layanan Nextrans melalui Platform, Anda memahami bahwa seluruh komunikasi dan instruksi dari Anda yang diterima oleh Nextrans akan diperlakukan sebagai suatu pembuktian yang valid, dan dengan demikian, Anda setuju untuk mengganti rugi dan melepaskan Nextrans dari segala kerugian, tanggung jawab, tuntutan dan pengeluaran (termasuk biaya litigasi) yang dapat timbul sehubungan dengan pelaksanaan instruksi Anda.
  6. Data Pribadi

    Nextrans akan selalu menjaga Data pribadi Anda dengan mengacu pada Syarat dan Ketentuan ini dan Hukum Yang Berlaku. Ketentuan lebih lanjut mengenai keamanan Data pribadi Anda dapat diakses melalui Kebijakan Privasi Nextrans yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan ini.

  7. Pembatasan Hak Akses, Penangguhan Akun, dan Penutupan Akun

    1. Syarat dan Ketentuan ini akan berlaku untuk waktu tidak tertentu sampai berakhir karena alasan-alasan yang ditentukan dalam Syarat dan Ketentuan.
    2. Nextrans dengan kewenangan Nextrans sendiri dapat melakukan pembatasan hak akses dan penangguhan Akun untuk sementara waktu yang akan mengakibatkan Anda tidak dapat mengakses Akun Anda untuk sementara waktu atau secara permanen tanpa pemberitahuan terlebih dahulu oleh karena sebab-sebab sebagai berikut (“Sebab Penangguhan”): pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan yang dilakukan dari Akun Anda, pelanggaran terhadap Hukum Yang Berlaku yang dilakukan dari Akun Anda, adanya dugaan Transaksi Transfer Dana yang mengandung unsur penipuan atau tindak pidana lainnya, atau alasan lain yang berpotensi merugikan Nextrans baik secara langsung maupun tidak langsung.
    3. Berdasarkan perintah dari otoritas yang berwenang dan/atau sesuai dengan ketentuan Hukum yang Berlaku, Nextrans dapat sewaktu-waktu melakukan pembatasan hak akses dan/atau penangguhan terhadap Akun Anda.
    4. Setelah Nextrans melakukan pembatasan hak akses dan/atau penangguhan Akun, Nextrans akan memberitahukan hal tersebut kepada Anda sesegera mungkin melalui e-mail beserta sebab pembatasan hak akses dan/atau penangguhan Akun. Berdasarkan hasil pemeriksaan yang Nextrans lakukan, Nextrans akan memutuskan untuk mengembalikan Akun Anda ke keadaan semula setelah penyelesaian Sebab Penangguhan, atau menghentikan akses Anda secara permanen dan Anda memahami bahwa seluruh kerugian yang diderita oleh Anda selama penangguhan Akun merupakan tanggung jawab Anda sepenuhnya.
    5. Nextrans juga berhak untuk melakukan penutupan atas Akun Anda untuk jangka waktu tertentu atau untuk seterusnya berdasarkan pertimbangan atau keputusan yang Nextrans anggap tepat, oleh karena sebab-sebab sebagai berikut (“Sebab Penutupan”): Permintaan resmi dari Anda melalui jalur pengaduan resmi (“Bantuan”) pada aplikasi dan/atau website Nextrans dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang diberikan oleh Nextrans, Dalam hal Pengguna meninggal dunia, atau perusahaan, badan usaha, badan hukum atau persekutuan perdata yang Pengguna wakilkan dinyatakan atau dimohonkan pailit atau likuidasi atau berada dalam kondisi pailit atau likuidasi,Terdapat indikasi Transaksi fraud yang Anda lakukan (baik berdasarkan hasil investigasi Nextrans dan/atau berdasarkan penyelidikan dari pihak kepolisian dan/atau pihak ketiga),atau penghentian kegiatan operasional Nextrans karena alasan apapun.
    6. Dalam hal Pengguna meninggal dunia, maka keluarga/ahli waris yang hendak mengajukan penutupan Akun wajib melampirkan dokumen kelengkapan sebagai berikut melalui jalur Bantuan: Fotokopi Akta Kematian Pengguna, Fotokopi KTP Pengguna, Fotokopi Kartu Keluarga Pengguna, Fotokopi KTP keluarga/ahli waris yang mengajukan penutupan, Fotokopi Kartu Keluarga dari keluarga/ahli waris yang mengajukan penutupan; dan Fotokopi surat keterangan ahli waris yang diketahui oleh Kelurahan/ Kecamatan.
    7. Perusahaan, badan usaha, badan hukum atau persekutuan perdata yang Pengguna wakilkan dinyatakan pailit, maka Nextrans berhak bertindak sesuai dengan permintaan atau perintah yang diajukan oleh badan berwenang sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta berhak untuk mengajukan permintaan dokumen sehubungan dengan status Pengguna dan hal-hal terkait lainnya yang Nextrans anggap perlu.
    8. Sehubungan dengan kondisi sebagaimana diatur pada Pasal 7 (f) dan 7 (g) di atas, Nextrans hanya akan melakukan penutupan Akun dan pengembalian Dana yang belum diproses setelah seluruh dokumen persyaratan di atas Nextrans nyatakan lengkap dan memadai.
    9. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Nextrans akan dibebaskan dari seluruh tagihan, tuntutan, gugatan, perkara dan tindakan dalam bentuk apapun sehubungan dengan penutupan Akun dan pengembalian Dana yang belum diproses, termasuk yang diajukan oleh para ahli waris, pelaksana, pengurus atau pihak ketiga apapun.
    10. Dalam hal terjadi pembatasan hak akses, penangguhan dan/atau penutupan Akun sebagaimana dimaksud pada Pasal 7 (b) – 7 (e) Syarat dan Ketentuan ini, Anda tidak dapat menggunakan Layanan Nextrans dan Perintah Transfer Dana yang telah diberikan kepada Nextrans sebelumnya tidak akan dijalankan selama Akun Anda masih dalam masa pembatasan hak akses dan/atau penangguhan.
    11. Perlu diketahui bahwa jika Akun Anda ditangguhkan atau ditutup secara permanen, Nextrans akan mengembalikan seluruh sisa Dana milik Anda yang belum diproses yang masih berada pada penguasaan Nextrans paling lambat 10 (sepuluh) Hari Kerja sejak pemblokiran atau penutupan Akun berlaku efektif dan Dana yang dikembalikan adalah Dana yang telah dikurangi dengan Biaya Layanan Nextrans atau biaya lainnya yang masih tertunggak, kecuali jika berdasarkan pertimbangan Nextrans, diperlukan adanya penahanan bagian tertentu dari Dana milik Anda, seperti indikasi yang wajar bahwa bagian tersebut berhubungan dengan atau disebabkan oleh penipuan, penyalahgunaan dan/atau tindak pelanggaran hukum lainnya. Anda dengan ini memberikan kuasa, hak dan wewenang penuh yang tidak dapat dicabut kembali dan tanpa syarat kepada Nextrans dengan hak substitusi, untuk sewaktu-waktu, tanpa memerlukan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda. Untuk menghindari keragu-raguan, minimal transfer Dana yang dapat dilakukan melalui Nextrans atas pengembalian Dana adalah sebesar Rp10.000 (sepuluh ribu Rupiah).
    12. Penutupan Akun dan pengembalian Dana sebagaimana diatur dalam Pasal 7 (d) – 7 (k) akan dilakukan setelah Anda menyelesaikan seluruh kewajiban Anda kepada Nextrans. Anda setuju bahwa Syarat dan Ketentuan ini akan tetap berlaku sampai seluruh kewajiban Anda telah dipenuhi.
    13. Penangguhan dan/atau penutupan Akun Anda untuk sementara waktu atau permanen tidak membatasi Nextrans untuk menuntut ganti kerugian, melaporkan kepada pihak berwenang, dan/atau mengambil tindakan lain yang Nextrans anggap perlu untuk melindungi kepentingan Nextrans.
    14. Sehubungan dengan penutupan Akun Anda, Anda dan Nextrans setuju untuk mengesampingkan ketentuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, sepanjang mengenai diperlukannya suatu putusan pengadilan untuk penutupan Akun dan/atau pengakhiran Syarat dan Ketentuan ini.
  8. Pengembalian Dana Pre Transaction

    Ketentuan pengembalian Dana milik Anda yang masih berada pada penguasaan Nextrans sebagaimana diatur pada Angka (7) ayat (8) di atas berlaku terhadap kondisi pengembalian apapun, termasuk namun tidak terbatas pada pengembalian Dana Pre Transaction untuk layanan B2B. Dalam hal ini, dapat dicatat bahwa apabila Dana kurang dari Rp.10.000 (sepuluh ribu rupiah) maka Dana tidak dapat ditarik.

  9. Hak Kekayaan Intelektual

    1. Platform, Fitur, nama, nama dagang, logo, nuansa, tampilan, tulisan, gambar, video, konten, kode pemrograman, layanan dan materi lainnya yang disediakan oleh Nextrans (“Materi”) dilindungi oleh hak kekayaan intelektual berdasarkan Hukum Yang Berlaku. Seluruh hak, kepemilikan dan kepentingan dalam Materi adalah milik Nextrans seluruhnya dan Nextrans memberikan Anda lisensi non-eksklusif yang terbatas, tidak dapat dijual dan tidak dapat dialihkan yang mana dapat dicabut atau ditarik kembali atas kewenangan Nextrans sendiri. Anda dengan ini memahami bahwa Anda tidak memiliki hak, kepemilikan atau kepentingan terhadap Materi kecuali ditentukan lain oleh Syarat dan Ketentuan ini.
    2. Anda dilarang untuk menyalin, mengubah, mencetak, mengadaptasi, menerjemahkan, menciptakan karya tiruan dari, mendistribusikan, memberi lisensi, menjual, memindahkan, menggandakan, membuat karya turunan dari Materi, menyiarkan lewat media online maupun offline, membongkar, atau mengeksploitasi bagian mana pun dari Platform Nextrans.
    3. Jika Nextrans menemukan adanya indikasi/ dugaan pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini khususnya perihal hak kekayaan intelektual, Nextrans berhak untuk melakukan investigasi lebih lanjut, menghentikan layanan transfer Dana, mengakhiri akses Anda terhadap Platform beserta Fitur di dalamnya, serta melakukan upaya hukum lainnya untuk menindaklanjuti indikasi/ dugaan pelanggaran tersebut.
  10. Larangan

    1. Anda hanya dapat mengakses Platform dan menggunakan Fitur kepentingan pribadi dan usaha Anda tanpa melanggar hukum atau hak siapa pun. Pada saat mengakses Platform dan/atau menggunakan Fitur, Anda dilarang untuk dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan intersepsi atau penyadapan atas transmisi informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik atau informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik milik Pengguna lainnya, Penerima, atau Nextrans; dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum dengan cara apa pun mengubah, menambah, mengurangi, melakukan transmisi, merusak, menghilangkan, memindahkan atau menyembunyikan suatu informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang tertera pada Platform baik yang bersifat pribadi atau publik; dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan tindakan yang berakibat terganggunya akses ke Platform; dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan sublisensi, memproduksi, menjual, mengadakan untuk digunakan oleh pihak lain, mendistribusikan, menyediakan atau mengakui kepemilikan Platform, Fitur, Materi, atau hak kekayaan intelektual lainnya milik Nextrans; dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan manipulasi, perubahan, penghilangan, pengrusakan sebagian atau seluruh Platform; memanfaatkan Platform dan/atau Fitur untuk melakukan Transaksi yang mengandung unsur penipuan atau melanggar hak pihak ketiga serta melanggar ketentuan Hukum Yang Berlaku; menggunakan program atau melakukan sesuatu yang dapat mengakses, mencari atau mendapatkan informasi yang bukan merupakan hak Anda dari Platform; mengganggu keberlangsungan atau merusak server atau jaringan yang terhubung dengan Platform atau mengabaikan standar prosedur, aturan atau Hukum Yang Berlaku terhadap koneksi Internet; mencoba mengakses bagian dari Platform yang mana Anda tidak mempunyai hak untuk melakukan akses terhadapnya; melakukan tindakan plagiarisme atas Materi yang terdapat pada Platform; melakukan atau berusaha melakukan reverse engineer, dekompilasi, pembongkaran terhadap kode pemrograman atau algoritma atau struktur yang terdapat di dalam Platform; melakukan, menyuruh, turut serta, memberi bantuan atau memberi kesempatan untuk melakukan aktivitas yang melanggar Hukum Yang Berlaku, melanggar Syarat dan Ketentuan ini, melanggar hak pihak ketiga, atau beritikad buruk selama mengakses Platform.
    2. Nextrans memiliki hak untuk menggugat secara perdata maupun melakukan proses hukum secara pidana atas seluruh perbuatan yang dilarang sebagaimana dimaksud dalam Pasal ini maupun Syarat dan Ketentuan ini secara keseluruhan.
  11. Batasan Tanggung Jawab dan Ganti Rugi

    1. Nextrans selalu berupaya untuk menjaga Platform Nextrans aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik.
    2. Namun, Nextrans tidak dapat menjamin bahwa Platform ini akan beroperasi secara terus-menerus atau akses ke Platform Nextrans dapat selalu sempurna. Nextrans tidak dapat memungkiri kemungkinan Platform Nextrans sewaktu-waktu tidak dapat diakses, dalam perbaikan, atau mengalami kendala yang akan Nextrans perbaiki secepatnya. Penggunaan Anda terhadap Platform, Fitur, Layanan, dan konten di dalamnya merupakan risiko Anda sendiri. Platform ini Nextrans sediakan bagi Anda dalam keadaan "sebagaimana adanya" dan "sebagaimana tersedia".
    3. NEXTRANS MENOLAK UNTUK MENJAMIN BAHWA APLIKASI BESERTA FITUR AKAN BEROPERASI TANPA TERGANGGU ATAU BAHWA APLIKASI DAN FITUR TERSEBUT AKAN BEBAS DARI CACAT RINGAN ATAU KESALAHAN YANG TIDAK MEMPENGARUHI KINERJA TERSEBUT SECARA MATERIIL, ATAU BAHWA SEGALA FITUR YANG TERDAPAT PADA APLIKASI DIRANCANG UNTUK MEMENUHI SEMUA KEBUTUHAN ANDA.
    4. Segala kerusakan yang terjadi pada jaringan komputer, telepon seluler, aplikasi, atau perangkat lainnya milik Anda akibat penggunaan Platform merupakan tanggung jawab Anda sepenuhnya, sepanjang diizinkan oleh Hukum Yang Berlaku.
    5. Sepanjang diizinkan Hukum Yang Berlaku, Nextrans dengan ini tidak bertanggung jawab dan Anda setuju untuk tidak mengajukan klaim kepada Nextrans atas segala akibat, kerugian, dan/atau kerusakan yang terjadi akibat namun tidak terbatas pada (i) hilangnya penggunaan; (ii) hilangnya keuntungan; (iii) hilangnya pendapatan; (iv) hilangnya Data; (iv) hilangnya keuntungan yang diperkirakan, untuk setiap kasus baik secara langsung maupun tidak langsung; kerugian tidak langsung, kerugian immateriil, insidentil, khusus atau konsekuensial, yang timbul dari atau sehubungan dengan penggunaan atau ketidakmampuan untuk menggunakan Platform, Fitur, Layanan, termasuk, dengan tidak terbatas pada, setiap kerugian yang diakibatkan olehnya, baik jika Nextrans telah diberitahu atau tidak tentang kemungkinan kerugian tersebut; kesalahan Anda dalam memberikan Perintah Transfer Dana, termasuk namun tidak terbatas pada kesalahan Data Penerima, kesalahan jumlah Dana, dan Perintah Transfer Dana ganda karena kesalahan Anda yang masuk ke sistem Nextrans sehingga menyebabkan Transaksi Transfer Dana ganda; kelalaian Anda dalam menjaga keamanan dan kerahasiaan password Akun, password Transaksi, OTP dan/atau kode sistem keamanan lainnya yang berfungsi untuk mengautentifikasi suatu tindakan yang dilakukan oleh Anda; Transaksi yang mendasari dilakukannya transfer Dana antara Pengguna dengan Penerima; tidak terlaksananya Transaksi Transfer Dana berdasarkan Perintah Transfer Dana karena kurangnya Dana pada Pre Transaction Pengguna atau kelalaian Pengguna dalam membayar total Dana dan Biaya Layanan ke rekening yang Nextrans tentukan; tidak terlaksananya Transaksi Transfer Dana berdasarkan Perintah Transfer Dana karena jika dilaksanakan akan melanggar suatu Ketentuan Hukum Yang Berlaku; adanya perintah dari lembaga pemerintah yang berwenang atau berdasarkan suatu ketentuan Hukum Yang Berlaku, mewajibkan Nextrans untuk menghentikan pemrosesan Transaksi Transfer Dana terkait; pemblokiran Rekening berdasarkan perintah dari lembaga pemerintah yang berwenang atau diwajibkan untuk dilakukan oleh Nextrans berdasarkan suatu ketentuan Hukum Yang Berlaku; ketidakakuratan atau tidak benarnya informasi yang disampaikan oleh Pengguna; kelalaian atau kesalahan yang Anda lakukan selama mengakses dan/atau menggunakan Platform dan/atau Fitur; penggunaan Platform dan/atau Fitur yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini maupun ketentuan turunan lainnya; gangguan, bug, ketidakakuratan serta kecacatan yang ada pada Platform sepanjang Nextrans telah melaksanakan upaya wajar yang diperlukan untuk memperbaiki Platform; kerusakan jaringan komputer, telepon seluler, atau perangkat elektronik Anda akibat penggunaan Platform dan/atau Fitur; kelalaian Anda dalam menjaga keamanan Akun termasuk apabila terjadi penyalahgunaan Akun Anda yang dilakukan oleh pihak lain yang memiliki akses terhadap Akun Anda; virus ataupun hal berbahaya lainnya yang diperoleh dengan mengakses Nextrans; dan peretasan yang dilakukan pihak ketiga kepada Akun Anda; serta kejadian atau sebab yang berada di luar kendali atau kemampuan Nextrans, meliputi tetapi tidak terbatas pada bencana alam, peperangan, kerusuhan, kondisi perangkat keras, kegagalan sistem infrastruktur elektronik atau transmisi, gangguan daya, gangguan telekomunikasi, kegagalan sistem kliring atau hal lainnya yang ditetapkan oleh Bank Indonesia atau lembaga berwenang lainnya.
    6. Nextrans akan melakukan tindakan-tindakan dalam batas yang wajar untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi dalam hal terdapat kesalahan transaksi melalui Platform yang timbul akibat kelalaian Anda.
    7. ANDA MENGAKUI DAN SETUJU BAHWA DALAM HAL TERDAPAT KERUGIAN YANG ANDA DERITA DALAM PENGGUNAAN LAYANAN NEXTRANS YANG TELAH TERBUKTI DISEBABKAN OLEH KESALAHAN ATAU KELALAIAN NEXTRANS, MAKA KEWAJIBAN NEXTRANS KEPADA ANDA ATAU KEPADA PIHAK KETIGA TERBATAS PADA JUMLAH BIAYA TRANSAKSI YANG TELAH DIBAYARKAN.
    8. Jumlah maksimum yang akan Nextrans tanggung dalam kondisi apapun atas kerugian nyata (materiil) yang terbukti dialami, yaitu hanya terbatas pada jumlah yang paling rendah antara jumlah biaya Transaksi yang telah dibayarkan tersebut (yang tercatat sesuai di sistem Nextrans) atau maksimum senilai Rp5.000.000,00(lima juta Rupiah).
    9. Anda dengan ini setuju bahwa akan melepaskan Nextrans dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Nextrans (termasuk afiliasi, direktur, komisaris, pemegang saham, karyawan, dan/atau wakil sah Nextrans) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul akibat pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini oleh Anda, termasuk penggunaan, pemanfaatan dan pemakaian Data, Akun (termasuk Dana yang belum diproses), Layanan dan/atau Platform Nextrans yang tidak semestinya dan/atau karena pelanggaran yang Anda lakukan terhadap Hukum Yang Berlaku atau hak-hak pihak ketiga.
    10. Untuk kepentingan Pasal ini, afiliasi berarti (i) dalam kaitannya dengan badan hukum: pihak lain yang, secara langsung atau tidak langsung mengontrol, berada di bawah kontrol bersama dengan atau dikontrol secara langsung atau tidak langsung oleh Nextrans, atau (ii) dalam kaitannya dengan individu, siapapun yang mempunyai hubungan kerja atau bertindak sebagai wakil atau kuasa dari Nextrans.
  12. Force Majeure

    Yang dimaksud dengan force majeure adalah suatu peristiwa atau keadaan yang terjadi di luar kekuasaan atau kemampuan Nextrans, yang mengakibatkan Nextrans tidak dapat melaksanakan hak-hak dan/atau kewajiban-kewajiban sesuai dengan ketentuan-ketentuan di dalam Syarat dan Ketentuan ini, termasuk namun tidak terbatas kepada kebakaran, tidak berfungsinya tenaga listrik untuk jangka waktu lama, putusnya koneksi internet, bencana alam, peperangan, aksi militer, huru-hara, malapetaka, pemogokan, epidemi dan kebijaksanaan maupun peraturan Pemerintah atau penguasa setempat yang secara langsung dapat mempengaruhi pelaksanaan Layanan Nextrans, sehingga Nextrans tidak dapat bertanggung jawab atas terjadinya keadaan atau peristiwa Force Majeure tersebut.

  13. Penyelesaian Perselisihan

    1. Seluruh perselisihan yang muncul antara Anda dan Nextrans sehubungan dengan pelaksanaan Syarat dan Ketentuan ini diselesaikan secara musyawarah dan mufakat, dengan jangka waktu 30 (tiga puluh) hari sejak perselisihan tersebut diinformasikan kepada Nextrans.
    2. Sebelum menghubungi Nextrans secara langsung untuk melakukan perundingan penyelesaian masalah atau sengketa, Anda wajib untuk merahasiakan segala informasi terkait dengan Perselisihan maupun proses penyelesaiannya dan karenanya dilarang untuk dengan cara apapun menyebarkan, mengumumkan, memberitahukan, membuat tulisan-tulisan kepada pihak manapun terkait adanya Perselisihan tersebut maupun proses penyelesaiannya, termasuk tetapi tidak terbatas, melalui media massa (online, cetak, televisi atau media lainnya) yang dapat menyudutkan Nextrans. Jika Anda melanggar ketentuan ini, Anda dengan ini mengetahui dan setuju bahwa seluruh atau sebagian hak Anda untuk menggunakan Layanan Nextrans, Platform, dan/atau Akun dapat sewaktu-waktu diakhiri atau dinonaktifkan oleh Nextrans baik untuk sementara waktu maupun untuk seterusnya.
    3. Apabila tidak tercapai kesepakatan dari musyawarah dan mufakat, maka gugatan secara perdata hanya dapat diajukan di Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI), yang beralamat di Wahana Graha Lt. 2, Jl. Mampang Prapatan No. 2, Jakarta 12760 atau sebagaimana diubah dari waktu ke waktu. Proses akan dilaksanakan di Jakarta dan diselenggarakan menggunakan Bahasa Indonesia dengan majelis arbitrase yang terdiri dari 3 (tiga) arbiter yang ditunjuk berdasarkan prosedur BANI dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Putusan arbitrase bersifat final dan mengikat.
    4. Selama perselisihan dalam proses penyelesaian, Anda wajib untuk tetap melaksanakan kewajiban-kewajiban yang Anda harus penuhi menurut Syarat dan Ketentuan ini.
  14. Risiko Penggunaan

    Dalam menggunakan Platform, Anda memahami bahwa terdapat kemungkinan dan risiko penipuan yang mengatasnamakan Nextrans.

    1. Oleh karena itu, Nextrans mengingatkan Anda untuk selalu berhati-hati dalam menerima informasi dan menjaga keamanan Akun Anda dari segala tindak kejahatan dengan:
    2. Tidak melakukan transfer ke rekening yang mengatasnamakan Nextrans, berdasarkan Perintah Transfer Dana yang tidak Anda perintahkan sebelumnya melalui Platform.
    3. Mengetahui bahwa Nextrans tidak pernah meminta kode rahasia, password, maupun kode OTP kepada Anda. Oleh karena itu, Anda harus selalu berhati-hati dan tidak menanggapi segala bentuk perintah maupun permintaan yang dikirim melalui e-mail ataupun website atau situs palsu selain daripada Platform, yang menduplikasi dan/atau mengatasnamakan Nextrans yang ditujukan untuk percobaan penipuan dengan cara permintaan kode rahasia, password, maupun kode OTP.
    4. Hanya menghubungi Layanan Nextrans sebagaimana tertera dalam Syarat dan Ketentuan ini untuk menyampaikan pesan Anda, dan tidak menanggapi setiap orang yang mengatasnamakan Nextrans kecuali sebagaimana disebutkan dalam Syarat dan Ketentuan ini.
    5. Langsung menghubungi dan melaporkan kejadian kepada Layanan Nextrans, dalam hal terjadi kehilangan akses terhadap Akun dan perangkat yang Anda gunakan.
  15. Lain-lain

    1. Syarat dan Ketentuan ini dibuat, dilaksanakan, tunduk dan ditafsirkan berdasarkan ketentuan hukum Republik Indonesia.
    2. Syarat dan Ketentuan ini mencakup ketentuan akses atas Platform yang berlaku sebagai perjanjian yang sah antara Nextrans dan Anda. Anda tidak dapat mengalihkan hak dan kewajiban Anda dalam Syarat dan Ketentuan ini kepada pihak ketiga manapun.
    3. Nextrans selalu berusaha untuk memberikan layanan yang terbaik untuk Anda dalam mengakses Platform Nextrans sehingga Nextrans berhak untuk melakukan perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan ini guna menyesuaikan dengan perkembangan bisnis dan ketentuan Hukum Yang Berlaku. Perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu akan diunggah ke Platform tanpa kewajiban pemberitahuan sebelumnya, oleh karenanya Nextrans menghimbau agar Anda membaca perubahan dari Syarat dan Ketentuan ini dengan seksama dan memeriksa laman ini dari waktu ke waktu agar mengetahui perubahan apapun yang dibuat. Untuk menghindari keragu-raguan maka dalam kondisi apapun Anda memahami dan setuju bahwa versi Syarat dan Ketentuan yang paling terkini akan Nextrans unduh pada aplikasi web dan versi terakhir tersebut yang akan berlaku. Oleh karenanya Anda setuju untuk tidak akan mengajukan klaim dalam bentuk apapun sehubungan dengan perbedaan yang ada dengan versi lainnya. Dengan tetap mengakses Platform, Anda menyatakan telah membaca, mengerti dan setuju untuk mengikatkan diri pada perubahan Syarat dan Ketentuan ini.
    4. Apabila terdapat ketentuan atau bagian dari Syarat dan Ketentuan ini yang menjadi tidak sah, tidak dapat diterapkan atau menjadi tidak berlaku, maka ketentuan atau bagian tersebut akan dianggap dihapus dari Syarat dan Ketentuan ini dan ketentuan lainnya dari Syarat dan Ketentuan ini akan tetap berlaku sepenuhnya.
    5. Syarat dan Ketentuan ini dapat diterjemahkan ke bahasa asing lainnya selain Bahasa Indonesia yang disediakan oleh Nextrans. Terdapat kemungkinan bahwa beberapa bagian dalam Syarat dan Ketentuan ini memiliki arti, maksud, atau pengertian yang berbeda ketika diterjemahkan ke bahasa asing lainnya.Apabila terdapat perbedaan penafsiran antara versi Bahasa Indonesia dan versi bahasa asing, maka versi Bahasa Indonesia yang akan berlaku dan Anda dianjurkan untuk merujuk kepada versi Bahasa Indonesia.
    6. Dengan menggunakan layanan Nextrans, maka dengan ini Anda setuju untuk menerima komunikasi elektronik dari Nextrans.
  16. Layanan Nextrans

    1. Dalam hal Anda mengalami kendala atau memiliki pertanyaan, permintaan, atau keluhan terkait Akun dan/atau Layanan Nextrans selama Anda menggunakan Platform, Anda dapat menghubungi Nextrans melalui e-mail support@nextrans.id.
    2. Untuk merespon pertanyaan atau pengaduan Anda, Nextrans akan terlebih dahulu melakukan verifikasi atas Data Anda. Nextrans berhak untuk menolak pemrosesan pertanyaan atau pengaduan Anda jika Data yang Anda berikan tidak sesuai dengan Data yang tertera pada sistem Nextrans.
    3. Nextrans akan memberikan upaya terbaik Nextrans untuk membantu Anda menyelesaikan setiap kendala yang Anda alami. Agar Nextrans dapat meningkatkan layanan Nextrans, setiap korespondensi antara Anda dengan Nextrans dapat Nextrans catat atau rekam.